Kota Malang (Humas) — Pada hari Sabtu (18/05/24) MAN 2 Kota Malang mengadakan pembukaan rapat kerja Penyusunan Pedoman Manajemen Madrasah pada tahun pelajaran 2024/2025 di selenggarakan di aula PSBB MAN 2 Kota Malang, dihadiri Peserta kegiatan Rapat Kerja ini dihadiri Kasi Pendidikan Madrasah H. Abdul Mughni dan Ketua Pokjawas Kemenag Kota Malang dengan diikuti oleh Kepala Madrasah Dr.H. Samsudin, M.Pd. dan perwakilan guru pegawai dan Pengurus Komite MAN 2 Kota Malang yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Mei sampai dengan 22 Juni 2024, dengan tema : “Penguatan Implementasi Kurikulum Nasional di MAN 2 Kota Malang dengan Pedoman Manajemen Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025.”

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah H. Samsudin mengatakan bahwa MAN 2 Kota Malang akan menggunakan Kurikulum Merdeka atau Kurikulum Nasional di mohon semua unsur Madrasah bisa mendukung kurikulum yang akan digunakan tahun pelajaran yang akan datang oleh madrasah. “Pedoman Manajemen Madrasah yang selama ini akan kita tata lebih baik lagi dengan mengikuti tahapan yang sudah kita rencanakan, dan harapannya, semua peserta Raker bisa memberikan masukan untuk memperkuat pedoman manajemen untuk memberi manfaat bagi madrasah.” Harapan Kamad, sekaligus membuka acara raker.

Dr. Saiful Mustofa dalam sambutan mewakili pengurus komite menyampaikan syarat total manajemen sebagai syarat kualitas manajemen harus memiliki 3 unsur. “Tiga unsur untuk kepuasan stakeholder madrasah harus ada tiga yang harus dilakukan agar pemenuhan persyaratan, kepuasan pelanggan dan perbaikan berkelanjutan untuk menjadi lebih baik.” ujarn beliau, yang merupakan salahsatu dosen di UIN Maliki Malang.

Pada arahannya, Ketua Kelompok Kerja Pengawas Kementerian Agama Kota Malang, Hj. Chusnul Chotimah mengingatkan kebijakan pemerintah dalam penerapan kurikulum dengan segala permasalahan yang dihadapi oleh madrasah perlu ada kerjasama semua pihak.
” Semua guru dan Tendik madrasah diharapkan dengan segala potensi yang ada di Madrasah bisa dioptimalkan agar menjadi madrasah yang selama ini berprestasi harus bisa lebih berdisiplin dalam segala hal, termasuk tuntutan kurikulum dan administrasi regulasi saat ini.” ujar Hj. Chusnul panggilan akrab beliau.

Kemudian materi manajemen disampaikan Kasi Pendma H. Abdul Mughni secara detail beserta dengan tujuan dan Fungsinya. Materi ke dua disampaikan staf Bimas Kemenag Kota Malang Umi Faridah menyampaikan standar operasional prosedur di Kementerian Agama secara umum.

Kegiatan Raker ini diharapkan dapat mengetahui semua potensi madrasah yang ada untuk dapat diolah dan dikembangkan sebagai pedoman operasional dalam mengelola madrasah selama satu tahun pelajaran dan tahun- tahun berikutnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait