Kota Malang (M2KM) — Pada hari Senin (20/05/24) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala SMP Bukit Asam Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan Hj. Yayuk Sri Wahyuni SE bersama 8 pendamping dan 100 peserta didiknya. Kunjungan tersebut diterima langsung Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M. Pd, dan Wakahumas Miftachul Ula, M. Ag serta Tim Humas di Auditorium Gedung Saint Terpadu lantai IV MAN 2 Kota Malang. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut untuk mencari inspirasi dan melihat dari dekat Program Unggulan Madrasah dengan Sistem Manajemen dan Sarana Prasana Madrasah.

Dalam sambutannya Kepala SMP Bukit Asam, Yayuk Sri Wahyuni SE menyampaikan maksud dan tujuan ke MAN 2 Kota untuk mencari inspirasi dan menimba Ilmu untuk lembaganya, dan sekaligus untuk memotivasi perserta didiknya untuk peningkatan mutu dalam proses berprestasi maupun studi lanjutnya nanti.

“Kunjungan silaturahmi SMP Bukit Asam ini bertujuan untuk mendapatkan ilmu, data, dan informasi baru untuk pengembangan pendidikan dan Inspirasi bagi lembaga kami.” Jelas beliau.

Dalam sambutan selamat datangnya, Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd.memaparkan profil MAN 2 Kota Malang secara umum dengan segala prestasi yang telah diraih sehingga MAN 2 Kota Malang sampai dinobatkan sebagai Madrasah SKS, Akademik, dan Riset dari Kementerian Agama. Hal inilah yang menjadi motivasi dalam meraih prestasi dengan kerjasama dan kerjakeras semua pihak.

“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang saat ini dinobatkan sebagai Madrasah SKS, Madrasah Akademik, dan Madrasah Riset selama ini di raih madrasah tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh madrasah mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius.” Ucap Kamad.

Menurut Kamad beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.

” Dalam proses mendukung semua program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” pungkas Kamad.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video profil madrasah dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang dipandu Wakahum Miftachul Ula mulai dari sarana prasarana , ekstra kurikuler, sampai dengan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB), pembelajaran kelas, dan tinggal di Ma’had. ” Pengembangan diri atau ekskul berjumlah 4 bidang yang terdiri dari bidang bela negara, bidang saintek, bidang seni dan olahraga dengan 30 jenis yang masing-masing ada pelatih demi proses meraih prestasi,” ucap Wakahum.

Menurut Wakahum pendukung pembelajaran disetiap bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan kemahadan perlu diciptakan sinergitas Stakeholder Madrasah dengan penuh kekeluargaan dan keseriusan. “Peserta didik kami bisa tinggal di Ma’had Al Qalam atau diluar Ma’had dalam studinya selama mengikuti pembelajaran di MAN 2 Kota Malang selama ini.” jelasnya

Acara selanjutnya, rombongan diajak tim humas untuk melakukan observasi lapangan yang ada di Madrasah melalui sharing dibidang-bidang yang ada di MAN 2 Kota Malang. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait