Kota Malang (Humas) — Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M.Pd. beserta manajemen pimpinan yang terdiri dari Wakil Kepala dan Ketua Olimpiade dan Riset Dra. Hj. Wulaidah menyambut kedatangan Muh. Zaidan Naja kelas XII MIPA 7 atas prestasinya Honorable Mention di APhO (Asian Physics Olympiad) Malaysia 2024 atau Olimpiade Fisika tingkat Asia yang diumumkan pemenangnya pada tanggal 9 Juni 2024 malam lalu.

Penyambutan Zaidan sendiri dilakukan oleh rombongan MAN 2 Kota Malang di Stasiun Kota Malang pada Rabu (12/06/24) oleh Kamad dan 6 pimpinan dan 2 orang Tim Humas. “Alhamdulillah ananda Muh. Zaidan Naja yang menjadi delegasi Indonesia di APhO atau Olimpiade Fisika tingkat Asia yang diadakan setiap tahun di salah satu dari negara di benua Asia, kali ini yang menjadi tuan rumah adalah negara Malaysia. Terima kasih semuanya yang terlibat dalam prestasi ini, semoga menjadi kebanggaan madrasah, Kemenag dan seluruh dunia pendidikan di Indonesia.” ucap Kamad H. Samsudin saat menyambut langsung di stasiun kereta api (pagi) tadi.

Sementara itu, lanjut Zaidan panggilan akrabnya menjelaskan bahwa APhO tahun ini diikuti oleh 26 negara. “APhO diikuti oleh setiap negara Asia, dapat mengirim maksimal 8 peserta dalam olimpiade ini, total pesertanya 208 siswa, dan Indonesia tahun ini mengirim 8 peserta yang proses seleksinya dilakukan oleh yayasan simetri melalui pembinaan dan tes yang terbagi menjadi beberapa tahapan. tempat pelaksanaannya di kampus UTAR (Universitas Tunku Abdul Rahman) Malaysia.” jelas Zaidan meski kecewa tidak dapat medali, tetap mensyukuri hasil prestasi ini.

Menurutnya, prestasinya Honorable Mention ini meliputi beberapa tahapan. “Tes APhO sendiri terdiri dari 2 tes yaitu tes teori dan tes eksperimen. tes teori terdiri dari 3 soal dalam waktu 5 jam dan tes eksperimen 1 soal dalam waktu 5 jam dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi, dan akhirnya kami mendapatkan Honorable Mention itu top 67% dari semua peserta total pesertanya 198 dari negara se Asia.” jelasnya, sambil menyampaikan diperjalanan kembali ke madrasah tercinta, MAN 2 Kota Malang Juara Prima. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait