Upacara Peringatan HUT RI ke-79, Irup Gunawan Ajak Meneladani Patriotisme Pahlawan

Kota Malang (Humas) — Peserta Upacara yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) serta Peserta Didik MAN 2 Kota Malang merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Kegiatan Upacara HUT RI digelar dilapangan olahraga Madrasah. Pada peringatan HUT RI ke-79 tahun 2024 ini mengusung tema besar dengan slogan “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Wakil Sarana Prasarana Dr. Gunawan, MA mewakili Kepala Madrasah menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-79 di MAN 2 Kota Malang didampingi oleh Wakil Kepala Madrasah dan GTK. Sedangkan Kepala Madrasah bersama 12 GTK mengikuti upacara yang diadakan Kantor Kemenag Kota Malang , sekaligus menerima penghargaan Satyalancana yang diadakan di halaman MIN 2 Kota Malang.

Pada Upacara HUT RI Ke-79 RI ini, seluruh GTK dan peserta didik menggunakan pakaian adat Nusantara sebagai rasa nasionalis dan menghargai keberagaman nilai-nilai budaya yang luhur, dan menambah kemeriahan kegiatan upacara di Madrasah.

Dalam sambutannya, Irup Gunawan, dihadapan peserta didik mengingatkan para pejuang yang mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan, dan sebagai peserta didik bagian dari bangsa Indonesia, harus bisa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 kemerdekaan Republik Indonesia dengan membekali diri untuk menjadi generasi Islam kebanggaan umat. “Anak-anak dalam peringatan hari Kemerdekaan ini, kita patutnya mengenang dengan meneladani patriotisme para pahlawan, dengan cara sikap mencintai negara kita dan bersyukur kepada Allah SWT. Hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi kesyukuran kita atas anugrah kenikmatan Allah SWT dan perjuangan para pahlawan kita.” ucap Waka Sarpras.

Ia juga mengharapkan peserta didik MAN 2 Kota Malang harus bisa menyiapkan diri untuk menjadi generasi Islam dalam menghadapi problematika kehidupan masa depan.

“Ada 10 hal yang perlu anak-anak persiapkan untuk menjadi generasi Islam yang baik, yang pertama Salimul aqidah atau keyakinan yang lurus, Shahihul ibadah atau ibadah yang benar, Matimul khuluq atau akhlak yang mulia, Qadirun al kasbi atau mandiri, Mutsaqaful fikri atau wawasan yang luas,” Harap beliau.

Lanjutnya, ” Anak-anak harus mempunyai Quriyyul jismi atau fisik yang kuat dan sehat, Mujahidun linafsih atau jiwa yang selalu bersemangat, Muunadzam fi syunih atau tidak macam-macam, Harishum ala waqt atau menjaga waktu dengan berdisiplin dan Nafiun lighairih atau berguna untuk orang lain. Semoga kesepuluh hal ini dapat kalian peroleh melalui bimbingan para guru di Madrasah, dan Insyaallah akan berhasil sepanjang kalian bersungguh – sungguh menjalani pendidikan di MAN 2 Kota Malang yang kita cintai ini,” Pungkas Usgun panggilan akrabnya di Madrasah. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait