GTK Madrasah Ikuti Kajian Rutin Riyadus Sholihin: Pentingnya Menjaga Istiqomah dalam Amal Ibadah

Kota Malang (MAN 2) — Seluruh guru dan tenaga kependidikan (GTK) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang kembali mengadakan Do’a Bersama dan Kajian Riyadus Sholihin yang kali ini membahas tema “Menjaga Istiqomah dalam Amal Ibadah”. Acara yang diadakan setiap Jum’at pagi ini (18/10/24) dihadiri oleh Kepala Madrasah, Dr. H. Samsudin, M.Pd., beserta para Wakil Kepala dan Kepala TU, dengan tujuan memperkuat pemahaman seluruh GTK mengenai pentingnya menjaga konsistensi dalam beribadah dan berbuat baik.

Untuk pembacaan Al-Qur’an, Asmaul Husna, Sayyidul Istighfar, dan Sholawat Nariyah dipimpin oleh Ustadz Miftachul Ula, M.Ag. Suasana terasa khusyuk saat seluruh GTK mengikuti rangkaian acara dengan penuh ketenangan.

Pada kajian Riyadus Sholihin disampaikan oleh Ustadz Dr. Gunawan, M.A., yang dalam pemaparannya menekankan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, amal ibadah menjadi salah satu kunci utama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, menjaga istiqomah atau konsistensi dalam menjalankan ibadah bukanlah hal yang mudah. “Istiqomah adalah bentuk kesabaran dan keteguhan hati dalam menjalankan perintah Allah, meski dihadapkan dengan berbagai banyak kegiatan di madrasah dan dirumah tetap ibadah yang rutin, kita tetap menjaganya dengan baik ,” ujar beliau.

Usgun panggilan akrabnya juga mengingatkan kembali bahwa siapa pun yang mampu menjaga kebaikan amal ibadahnya akan senantiasa dijaga oleh malaikat, tidak hanya di dunia tetapi juga di alam kubur, alam barzakh, hingga di akhirat kelak. Hal ini merupakan janji Allah kepada hamba-hamba-Nya yang istiqomah, sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Fushilat ayat 30:

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’, kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): ‘Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu’.” (QS. Al-Fushilat: 30)

Ayat ini menunjukkan betapa besar keutamaan bagi mereka yang istiqomah dalam beribadah. Allah SWT menjanjikan pertolongan dan kabar gembira bagi orang-orang yang teguh dalam keimanan dan amal ibadah mereka.

Lebih lanjut, Usgun menjelaskan beberapa cara agar tetap istiqomah dalam beramal. “Pertama, perkuat niat hanya untuk Allah. Kedua, perbanyak doa agar diberi kekuatan untuk tetap teguh. Ketiga, lakukan amal ibadah secara bertahap namun konsisten, seperti yang diajarkan Rasulullah SAW,” jelasnya.

GTK Madrasah terlihat antusias mengikuti kajian ini. Beberapa di antara mereka ada yang menggelengkan kepalanya, yang pastinya akan dialami siapa saja sebagai manusia menghadapi godaan yang bisa mengganggu amal ibadah sehari-hari. Usgun juga memberikan beberapa contoh sehari -hari yang terjadi di lingkungan Madrasah. “Kuncinya menjaga semua ibadah kita adalah dengan disiplin diri merupakan faktor penting dalam menjaga istiqomah.” pungkas Usgun.

Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. H. Samsudin, M.Pd., dalam sambutannya juga menekankan pentingnya menjaga kelancaran kegiatan pembelajaran serta menyelesaikan tanggungan administrasi seperti Sulingjar (Supervisi Lingkungan Kerja dan Pembelajaran) dengan tepat waktu. Beliau juga mengingatkan agar supervisi dan evaluasi diri madrasah segera difinalisasi demi peningkatan kualitas pendidikan di MAN 2 Kota Malang. “Semoga dengan adanya kajian seperti ini, seluruh guru, pegawai, dan MAN 2 Kota Malang dapat memahami dan menerapkan konsep istiqomah dalam ibadah dan amal shaleh, serta bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran dan administrasi yang menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Kamad.

Acara ini diakhiri dengan beberapa informasi penting dari Wakil Kepala Madrasah. Salah satunya adalah penyesuaian jadwal jam pembelajaran yang akan disesuaikan dengan beberapa kegiatan penting madrasah, seperti Bulan Bahasa, peringatan Sumpah Pemuda, dan kegiatan lainnya, juga mengingatkan agar seluruh guru dan pegawai mempersiapkan diri untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

Kegiatan rutin Jum’at pagi ini kemudian ditutup dengan doa bersama, memohon agar Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan kepada seluruh keluarga besar MAN 2 Kota Malang, terutama bagi mereka yang sedang sakit dan keluarga yang baru saja kehilangan (meninggal) orang tercinta. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait