Kota Malang (MAN 2) — Masjid Al Falah MAN 2 Kota Malang kembali menjadi saksi pesan-pesan penuh hikmah dari Khotib Jum’at, (18/10/24) KH. Achmad Shampton, S.Hi, M.Ag, atau yang akrab disapa Gus Shampton, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Dalam khutbahnya, Gus Shampton menekankan pentingnya ilmu sebagai cahaya (nur) yang membimbing umat manusia menuju jalan kebaikan.

Mengawali khutbahnya, Gus Shampton menyampaikan rasa khawatir sekaligus harapan kepada Allah SWT agar menerima segala amal kebaikan serta mengampuni dosa-dosa kita sebagai umat manusia.

Dalam Khutbah nya tersebut Gus Shampton mengingatkan bahwa “Ilmu itu adalah Cahaya,” ungkap beliau. Untuk itu beliau mengingatkan jama’ah sholat Jum’at di Masjid Al Falah tentang pentingnya menuntut ilmu dalam ajaran Islam. “Yang ditekankan dalam ayat pertama Surat Al-‘Alaq, “Iqro” (bacalah). “Iqro bismirabbikalladzi kholaq artinya “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan”. Ayat ini mengandung arti tentang menuntut ilmu. Dan Rasulullah SAW pun juga menegaskan bahwa keutamaan orang berilmu di hadapan Allah SWT sangatlah besar.” jelas beliau.

Lebih lanjut, Gus Shampton menjelaskan bahwa ilmu yang bermanfaat akan mengarahkan hidayah Allah SWT kepada hamba-Nya. “Ilmu itu sendiri harus bisa memudahkan kita ke jalan menuju kebaikan dan surga-Nya, Oleh karena itu, menuntut ilmu harus dilandasi niat karena Allah SWT semata, bukan untuk tujuan duniawi.” jelasnya.

Dalam khutbah yang bertepatan menjelang Hari Santri Nasional, Gus Shampton mengajak seluruh jama’ah untuk mendedikasikan ilmu yang dimiliki hanya untuk Allah SWT. Menurut beliau, para ulama dan santri memiliki peran penting dalam menegakkan negara ini dengan ilmu yang mereka kembangkan. “Semoga kita termasuk orang-orang yang gemar menuntut ilmu (tholabul ilmi),” harap Gus Shampton, seraya mengingatkan bahwa para malaikat Allah SWT mendoakan kebaikan bagi mereka yang mencari ilmu.

Di akhir khutbah, Gus Shampton memberikan pesan khusus kepada para guru dan peserta didik MAN 2 Kota Malang agar semua pihak melaksanakan tugasnya masing-masing dengan ikhlas karena Allah SWT semata, sehingga dapat meraih kebaikan dan kebahagiaan di surga-Nya.

Khutbah Jum’at oleh Gus Shampton ini dihadiri oleh seribuan lebih jama’ah yang memenuhi Masjid Al Falah MAN 2 Kota Malang, menciptakan suasana khidmat penuh renungan dan hikmah. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait