Pembukaan Bulan Bahasa dan P5RA 2024, Kamad Ingatkan Arti Mewujudkan Persatuan dalam Kebhinekaan

Kota Malang (MAN 2) — Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M.Pd , secara resmi membuka rangkaian acara Bulan Bahasa dan P5RA tahun 2024 pada Senin, 21 Oktober 2024. Acara yang diikuti seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan serta Peserta Didik tersebut mengusung tema “Mewujudkan Persatuan dalam Kebhinekaan” dengan jargon “Menembus Cakrawala, Satu Jiwa Nusantara” ini dimulai pukul 07.00 WIB di lapangan Olahraga Madrasah. Berbagai kegiatan menarik seperti talkshow, Senandung Nusantara, dan Liga Jawara akan digelar sepanjang pekan mulai tanggal 21 – 28 Oktober 2024, dengan P5RA sebagai acara puncak.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Madrasah, Dr. H. Samsudin, M.Pd., yang memimpin jalannya acara dengan pembacaan surat Al-Fatihah, dilanjutkan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian dan persatuan. Dalam sambutannya, Dr. Samsudin menekankan pentingnya peran bahasa dalam sejarah bangsa Indonesia. “Bahasa Indonesia mengantarkan kemerdekaan, Bahasa Arab mengenalkan kita pada agama Islam, dan Bahasa Inggris membuka wawasan kita terhadap budaya dunia,” ujarnya.

Beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga identitas bangsa dalam menghadapi globalisasi. “Kita boleh terbang ke dunia, tapi tetap harus menjadi bangsa Indonesia yang berkarakter Islami,” ungkapnya. P5RA sebagai bagian dari Bulan Bahasa tahun ini bertujuan memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan keislaman pada peserta didik, dan kedepan semoga peserta didik MAN 2 Kota Malang dapat menjadi pemimpin bangsa yang berkarakter kuat, siap membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.” lanjutnya.

Kamad juga menyampaikan bahwa tujuan Bulan Bahasa bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi, memperkuat rasa cinta terhadap bahasa dan budaya Indonesia, serta membekali peserta didik dengan kemampuan komunikasi global melalui penguasaan berbagai bahasa. “Melalui Bulan Bahasa, kami berharap peserta didik tidak hanya menguasai bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris, tetapi juga memahami nilai-nilai budaya di berbagai belahan dunia.” ungkap beliau.

Kamad juga menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Bulan Bahasa dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5RA) adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang bahasa, budaya, serta karakter kebangsaan. “Peringatan Bulan Bahasa dan Program ini diharapkan dapat memperkuat identitas peserta didik sebagai generasi penerus yang mampu menembus batas-batas lokal dan global, sekaligus mengokohkan semangat kebhinekaan dengan jiwa yang satu, selaras dengan jargonnya “Menembus Cakrawala, Satu Jiwa Nusantara.” pungkas Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait