Tholabul Ilmi Yayasan Ma’had Al-Arrafah Sampit Kal-Teng di MAN 2 Kota Malang, Untuk Membangun Jalinan Ilmu dan Pengalaman

Malang – Pada hari Senin (21/10/2024), MAN 2 Kota Malang menerima kunjungan dari rombongan Yayasan Ma’had Al-Arrafah Sampit, Kalimantan Tengah. Kunjungan tersebut dimulai pukul 13.00 WIB dengan jumlah rombongan terdiri dari 10 guru, dipimpin langsung oleh salah satu pengurus lembaga, Muhammad Iqbal Hafiz, S.Ag.

Rombongan disambut hangat oleh Kepala Madrasah, Dr. H. Samsudin, M.Pd., yang didampingi oleh Wakil Kepala Humas Miftachul Ula, M.Ag. dan Tim Humas MAN 2 Kota Malang di Ruang Kepala Madrasah (Kamad).

Acara kunjungan tersebut berlangsung dengan penuh kehangatan dan diskusi yang produktif antara kedua belah pihak. Rombongan Yayasan Ma’had Al-Arrafah juga berkesempatan untuk melihat langsung berbagai fasilitas yang ada di MAN 2 Kota Malang serta berdiskusi tentang strategi peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam sesi sambutan maksud dan tujuan kunjungan, Muhammad Iqbal Hafiz, S.Ag. menyampaikan bahwa tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari lebih dekat tentang manajemen madrasah yang diterapkan di MAN 2 Kota Malang, termasuk prestasi-prestasi yang telah diraih oleh madrasah ini. Dengan kunjungan ini, diharapkan Yayasan Ma’had Al-Arrafah dapat mengambil pelajaran penting yang dapat diimplementasikan di lembaga mereka.

Lanjutnya bahwa kunjungan ini, sekaligus berharap agar kunjungan tersebut dapat mempererat hubungan antar lembaga pendidikan serta membuka peluang untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

“Kami merasa sangat terhormat bisa berkunjung di Madrasah yang dikenal akan prestasinya. Semoga pertemuan ini menjadi awal dari kerjasama yang bermanfaat bagi kedua lembaga, khususnya dalam bidang pengelolaan pendidikan,” ungkapnya.

Dalam sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Dr. H. Samsudin, M.Pd., Kepala MAN 2 Kota Malang, beliau memaparkan bahwa MAN 2 Kota Malang dikenal sebagai Madrasah SKS, Madrasah Akademik, dan Madrasah Riset, yang telah dinobatkan oleh pemerintah. Prestasi-prestasi yang dicapai tidak terlepas dari strategi inovatif yang telah dirancang oleh madrasah. “Proses panjang ini dimulai sejak seleksi penerimaan peserta didik baru, disertai dengan program unggulan serta inovasi pembelajaran di dalam maupun di luar kelas yang ditangani dengan serius.” ucapnya.

Lanjutnya, beberapa strategi inovatif yang diterapkan telah menghasilkan berbagai prestasi, termasuk keberhasilan peserta didik melanjutkan studi di perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. “Prestasi studi lanjut ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik antara GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) dan Komite Madrasah.” ucap Kamad

Lebih lanjut, Kamad menjelaskan bahwa program-program unggulan seperti INSAN PRO, MADUMANJA, EDU PANDA, dan PIKAT PUSPITA sangat berperan dalam mendukung prestasi peserta didik MAN 2 Kota Malang. Semua ini dilakukan melalui optimalisasi peran GTK Madrasah dan dukungan penuh dari Komite Madrasah. “Hasilnya, banyak prestasi yang diraih, termasuk dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Juara Umum, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Juara Umum, Myres dan lainya yang diadakan Puspresnas Kemendikbud Ristek RI dan Kemenag RI.” jelasnya.

Dalam sesi sharing yang dipandu Wakahum, dijawab langsung pertanyaan berkaitan dengan program unggulan beserta dukungan lembaga. “Berbagai program unggulan yang telah diterapkan di madrasah. Program-program tersebut dirancang untuk mendukung peningkatan kualitas peserta didik dan mencetak lulusan yang berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional yang telah di rumuskan oleh stakeholder bersama-sama dalam kegiatan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rapat Kerja Madrasah (RKM) dengan melibatkan Komite Madrasah. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait