Kota Malang (Humas)– Pada hari Jum’at (9/8/24) Wakil Kepala bidang Akademik Anita Yusianti, M.Pd. bersama Ketua dan Tim Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alaamin (P5RA) MAN 2 Kota Malang menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menguatkan profil peserta didik kelas X dalam dua aspek penting, yaitu memahami dengan baik Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Acara tersebut dilanjutkan dengan Sosialisasi Program Unggulan Madrasah EDUPANDA yang disampaikan Nur Yasin, S.Kom.

Dalam sambutan di Aula Madrasah dihadapan Walikelas dan peserta didik kelas X, Waka kurikulum atau Waka Akademik Anita Yusianti saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa Kegiatan Tim P5RA MAN 2 Kota Malang ini diadakan dalam rangka menunjang kurikulum merdeka yang merupakan yang diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu dengan melibatkan peserta didik kelas X MAN 2 Kota Malang untuk menelaah dan mengimplementasikan tema-tema melalui Tim P5RA.

“Harapannya melalui P5RA ini, peserta didik kelas X MAN 2 Kota Malang dapat mengidentifikasikan kesiapan madrasah, dimensi dan tema dapat dipetakan, alokasi waktu diatur, modul proyek disusun, dan strategi pelaporan proyek dapat dirancang untuk mendukung pembelajaran kurikulum merdeka yang lebih baik dan bermakna.” jelas Wakakur.

Lanjutnya, dalam kesempatan ini juga akan di sosialisasikan Program EDUPANDA. “Program Unggulan Madrasah Digital yakni penggunaan dan fungsi aplikasi EDUPANDA akan kami sampaikan juga, agar peserta didik lebih memahami dalam mendukung pembelajaran selama di madrasah nanti.” ujar Mrs. Anita panggilan akrabnya yang juga sebagai guru bahasa Inggris.

Sementara itu dalam penyampaian Sosialisasi P5RA disampaikan Ketua Rizky Suga bersama tim-nya Agustiana, M.Pd. menyampaikan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin dirancang agar peserta didik kelas X dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan dengan baik dan positif kebermanfaatanya bagi seluruh warga madrasah.
” Tujuan kami sampaikan tentang P5RA beserta Tusinya kepada anak-anak diantaranya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip demokrasi, kemudian mengembangkan keterampilan siswa dalam berdiskusi dan berargumentasi serta membentuk karakter siswa yang kritis, terbuka, dan bertanggung jawab.
Kemudian untuk mem-follow up nantinya peserta didik kelas X dapat bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk jurnal dan aksi yang lainya yang positif untuk madrasah.” ucap Ketua P5RA Suga.

Lanjut Agustina salahsatu Tim P5RA memaparkan bahwa Proyek ini nantinya akan mengimplementasikan dengan prinsip-prinsip yang sudah diatur oleh pedoman dari pemerintah.

“Proyek P5RA ini diantaranya akan mengimplemtasikan prinsip merancang kegiatan secara utuh dalam sebuah tema untuk memahami keterhubungan dari berbagai aspek secara mendalam (Holistik), dan Mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata dalam keseharian (Kontekstual) yang berpusat pada Peserta Didik kelas X, serta mendorongnya menjadi subjek pembelajaran, aktif, termasuk pemilihan topik dilakukan secara kolaboratif, kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar yang diinginkan, dan yang lebih lebih penting kebermanfaatanya berdampak positif bagi seluruh kegiatan di madrasah.” jelas Bu Tia panggilan akrabnya di Madrasah.

Sementara itu Ketua P3Tim Nur Yasin menyampaikan bahwa Edu Panda sebuah platform layanan digital tata kelola administrasi dan manajemen MAN 2 Kota Malange berkaitan dengan pendidikan berbasis Website dan Mobile yang mengintegrasikan semua layanan pendidikand alam satu aplikasi.

” Tujuan adanya aplikasi Edu Panda adalah dalam rangka membangun ekosistem dan platform layanan yang berbasis digital sistem tata kelola adminstrasi, manajemen lembaga pendidikan untuk mempermudah serta mempercepat pelayanan dalam satu platform yang mudah digunakan, dan bagi anak-anak kelas X yang ingin konsultasi bisa disampaikan langsung kepada kami.” ujarnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait