MAN 2 Kota Malang – Madrasah ramah anak adalah satuan pendidikan yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan yang mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. Dalam rangka deklarasi Madrasah ramah anak, MAN 2 Kota Malang mengadakan kegiatan belajar diluar kelas pada tanggal 7 Nopember 2019 jam 07.00-11.30 WIB. Pembelajaran dilakukan di lapangan atau lingkungan MAN 2 Kota Malang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan siswa yang berjumlah lebih dari 1000 peserta.

Pembelajaran di luar kelas meningkatkan kesehatan anak, melibatkan mereka dalam pembelajaran serta mendorong keterikatan anak dengan alam. Bermain bukan hanya mengajarkan keterampilan penting dalam kehidupan, seperti daya tahan, kerja sama, dan kreativitas, tetapi juga merupakan hal yang pokok bagi anak untuk menikmati masa kecil mereka.

Pembelajaran di Luar kelas diawali dengan berdoa bersama, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu siswa dan guru diajak untuk melakukan senam bersama-sama. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan deklarasi Madrasah ramah anak yang ditandai oleh penandatanganan oleh kepala Madarasah, guru, karyawan dan siswa MAN 2 Kota Malang.

Pembelajaran di luar kelas dilakukan dengan pelaksanaan baca quran bersama, sholat dhuha di masjid, literasi Madrasah, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan permainan tradisional secara bersama-sama. Permainan tradisional dilakukan perkelas dengan peralatan yang sudah disediakan sebelumnya. Simulasi siaga bencana adalah merupakan rangkaian kegiatan dalam acara belajar sehari di luar kelas. Kegiatan ini mengajarkan pada siswa agar tanggap terhadap bencana, sigap dalam merespon situasi bencana yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Pada siang hari siswa makan siang bersama-sama. Sebelum makan siang siswa diajak cuci tangan bersama sebagai wujud budaya bersih. Setelah berdoa mereka makan bersama dengan bekal yang mereka bawa dari rumah.

Kegiatan diakhiri dengan menyanyikan lagu maju tak gentar secara bersama-sama.

Written by 

Related posts