Kota Malang (MAN 2) — Prestasi Internasional membanggakan kembali ditorehkan oleh 2 tim peserta didik MAN 2 Kota Malang, melalui ajang bergengsi dunia yakni Korea International Women’s Invention Exposition 2023 (KIWIE 2023) yang diikuti oleh ribuan peneliti muda dari seluruh penjuru dunia mulai dari China, Thailand, Arab Saudi, Kroasia, Peru, Serbia, hingga Polandia. 2 Tim MAN 2 Kota Malang tersebut sukses membawa nama Indonesia meraih prestasi dengan meraih masing-masing Medali Perak.

“ Alhamdulillah, pada event KIWIE 2023 yang merupakan ajang kompetisi penelitian internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Korea selatan melalui Korean Intellectual Property Office (Badan Kekayaan Intelektual Korea) bersama dengan Korean Women Inventors Association (Asosiasi Peneliti Wanita Korea) tersebut MAN 2 Kota Malang mengirimkan 2 tim dan keduanya pulang mengharumkan nama bangsa, terima kasih semuanya yang terlibat dalam event tersebut.” Syukur Kepala madrasah Dr. H. samsudin (31/07/23) di ruang kerjanya.

Sementara itu Ketua Tim Olimpiade dan Riset MAN 2 Kota Malang menjelaskan bahwa dua tim peserta didik telah mempersiapkan dengan baik sehingga memperoleh prestasi KIWIE 2023.

“ Peserta didik kita yang tergabung dalam Tim 1 mendapatkan Silver Medal tersebut beranggotakan empat siswa bernama Nur Fatihah Ainiyah kelas XI MIPA 8, Naysilla Cahaya Purwandini kelas XI MIPA 8, Fairuz Daffa Al Hazza  kelas XI MIPA 8, dan Aqila Razzan Setyovianto  kelas XI MIPA 1 berhasil membawa pulang medali perak ke Indonesiadengan karya yang berjudul “Calceco-Cookies for Obese People with Seagraps (Caulerpa racemosa) as Diet-Friendly Snack”. Ucap Hj. Wulaidah.

Kemudian beliau menjelaskan untuk tim yang ke 2 juga memperoleh prestasi di event  KIWIE 2023 . “ Tim 2 juga tidak kalah luar biasa dengan judul karya “Tamarind Treasure-Unveiling the Skin Care Potential of Tamarind Fruit as a Flawless Natural Peel Off Mask” berhasil mendapatkan Silver Medal. Tim ini beranggotakan lima siswa hebat yaitu Ain Nur Azizah Putri Harsya kelas XI MIPA 6, Hasna Febriana Syukurillah kelas XI MIPA 8, Davina Clarissa Ellano  kelas XI IPS 1, Vahira Aulia  kelas XI MIPA 7.” Jelasnya.

Menurut Hj. Wulaidah, bahwa Penelitian di event  KIWIE 2023  ini telah berhasil mengalahkan banyak judul penelitian hebat peserta dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Prestasi ini tidak terlepas kolaborasi yang padu antara civitas akademika MAN 2 Kota Malang yaitu stakeholder, guru, pembina dan alumni yang terus melakukan pelatihan intensif dalam beberapa tahun terakhir.

“Prestasi ini menunjukkan bahwa program unggulan MAN 2 Kota Malang dalam meraih prestasi akademik dapat dilaksanakan dan ditingkatkan secara baik, demi mewujudkan peserta didik unggul, dan diharapkan pencapaian prestasi Internasional ini menjadi motivasi bagi peserta didik yang lainya.” Pungkasnya. (Tim Humas)

Postingan Terkait