Kota Malang –  Badan Dakwah Indonesia (BDI) MAN 2 Kota Malang mengadakan kegiatan MINASAN (Seminar Kewirausahaan). Acara diadakan pada Selasa (29/08/23) , dihadiri Ning Wardah Nafisah, S.Kep., MBA yang menjadi narasumber kali ini diadakan di Auditorium Gedung Sains Terpadu lantai IV.  Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd dengan didampingi Waka Kesiswaan Ali Mukti, M.Pd, Waka Kurikulum Anita Yusianti, M.Pd, Waka Humas Miftachul Ula, M.Ag dan perwakilan undangan dari GTK dan peserta didik kelas X, XI dan XII MAN 2 Kota Malang.

Dalam Open Ceremoninya, Kamad H. Samsudin menyampaikan didepan perwakilan peserta didik Madrasah mengharapkan, dan sekaligus memotivasi bahwa dunia kewirausahaan dalam dunia ekonomi harus di pelajari dengan sunguh-sunguh, dan kedepan harus ada yang tampil sekaligus mengambil perannya sebagai pelaku kewirausahaan dengan mengedepankan ekonomi Islam.

“ Anak-anak perekonomian merupakan aspek terpenting dalam memajukan bangsa sekaligus agama, untuk itu sebagai generasi muda yang nantinya akan melanjutkan nasib bangsa dan agama kita, maka momentum seperti seminar kewirausahaan seperti ini harus dimanfaatkan untuk belajar dan syukur nantinya bisa mengambil peran sebagai pengusaha muslim yang baik,” ucap Kamad.

Sementara itu Ning Wardah Nafisah dalam paparan yang interaktif dengan pengemasan bahasa kekinian memberikan contoh tokoh penting pengusaha dunia seperti Pemilik Facebook, Instagram, dan Whatsapp Mark Zuckerberg, Jack Ma Pendiri Marketplace Alibaba, hingga CEO Apple Tim Cook, tapi tidak sehebat Nabi Muhammad SAW.

“ Junjungan kita ini telah berwirausaha sejak remaja bersama pamannya dengan cara berdagang. Dari sini bisa kita ambil sikap atau perilaku nabi yang akhlaqul karimah yaitu jujur di setiap tindakannya di kehidupan sehari-hari yang pada saat itu di usia 25 tahun sudah menjadi pengusaha sukses, dan kerap berniaga ke luar negeri (lebih dari 17 negara), cemerlang dan kaya raya, Hingga mampu memberi mahar fantastis untuk Sayidah Khadijah RA saat itu berupa 20 ekor unta dan 12,4 ons emas lho hebat khan,” ucap Ning Wardah Cucu Kyai Hamid Pasuruan yang pernah menjadi alumni MAN 2 Kota Malang tahun 2011 itu.

Ning Wardah yang melanjutkan studi lanjutnya di Universitas Indonesia dan University of London ini memberikan cara berwirausaha ala Rasulullah dengan 5 cara berdagang dengan melalui nilai-nilai kejujuran, barang sesuai harapan konsumen, amanah, janjinya berdasarkan fakta dan selalu berzakat dari hasil bermuamalahnya.

“ Adik-adik dalam berbisnis harus bisa meneladani Rasulullah SAW, karena beliau seorang pedagang jujur dan adil, sehingga banyak pembeli yang percaya dan membeli kembali barangnya, dan Nabi berdagang bukan sekadar mencari nafkah halal untuk kebutuhan hidup, tetapi juga mencari relasi untuk membangun reputasinya agar investor datang untuk mempercayakan dana kepadanya, kemudian selalu menjual barang berkualitas bagus, serta menjadi pebisnis ulung karena memiliki kemampuan negosiasi, komunikasi, dan reputasi yang baik dan tidak lupa mengeluarkan Zakatnya,” dalam paparanya.

Dalam sesi berikutnya, Ning Wardah menyampaikan bahwa dalam memulai usaha harus bisa melihat masalah dan membaca  segmentasi – targeting – positioning untuk diperhatikan dengan baik dan dilakukan dengan perhitungan yang matang.

“ Adik-adik harus bisa mengetahui tentang kebiasaan, cara hidup, kebutuhan masyarakat saat ini, kemudian harus tau target pasar yang tepat dan harus pandai memosisikan diri dan bisnis dengan banyak relasi, kemudian mempunyai teamwork yang sportif dan harus membangun networking yang baik.” Pungkasnya.

Acara kegiatan MINASAN ditutup tanya jawab dapat berjalan dengan lancar, serta memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam acara tersebut. Harapanya, acara Seminar Kewirausahaan ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan menumbuhkan semangat bewirausaha, serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya peserta didik nantinya mengambil dunianya di bidang wirausaha. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait