Kota Malang (Humas) — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, Kamis (13/6/2024), menggelar wisuda dan Gelar Siswa Prestasi bagi 407 siswa lulusan Tahun Ajaran 2023-2024, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Salah satu peserta didik angkatan ke-32 yang di Wisuda sekaligus mendapatkan prestasi spesial adalah Putri Azkia Nisfiatul Laili kelas XII Makbi.

Pada penganugerahan prestasi disaksikan langsung Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, M Sidik Sisdiyanto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Komite Madrasah, serta orang tua siswa

“Alhamdulillah, wisuda lulusan tahun ini diwarnai sejumlah penghargaan yang diraih berbagai macam, baik akademik maupun non akademi, dan terasa special, sebagai sekolah yang bercirikan agama Islam, ada beberapa yang berprestasi dalam program tahfiz, khususnya mbak Azkia yang Hufaz 30 Juz.” ucap Kamad bersyukur.

Menurutnya, penghargaan yang diraih Azkia, ini setidaknya termasuk yang tercatat ada 781 prestasi, terdiri atas 397 prestasi akademik dan 384 prestasi non akademik di angakatan 32. “Ini sebuah kebanggaan luar biasa, siswa angkatan yang lulus tahun ini ada beberapa yang telah menyelesaikan program tahfidz, dan Azkia salahsatu yang menjadi kebanggan kami.” ungkapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kamad mengajak para para peserta didik lainya untuk mengembangkan diri dalam program tahfiz, termasuk para wisudawan harus menjaga dan meningkatkan hafalannya. “Belajar dan mengajarkan Al Quran termasuk amalan yang terbaik. Untuk itu, peran dari Ananda Azkia dan semua untuk ikut serta mengajarkan Al Qur’an kepada adik-adik kelas atau bahkan masyarakat, sangat diharapkan, apalagi dengan menerjemahkan Al Quran dalam perilaku kehidupan sehari-hari. ‘Khairukum man ta’alamal quran wa ‘amaluhu.” Kamad mengutip sebuah hadis.

Kamad mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi terima kasih kepada  wisudawan-wisudawati kelas XII yang dapat berprestasi mulai dari Tahfidz dan lainya. “Terima kasih kepada 3 hafiz-hafizah 30 juz khusunya mbak Putri Azkia Nisfiatul Laili , dan hafiz-hafizah 11-15 juz lainya, semoga prestasi ini dapat menjadikan momen wisuda ini semakin special dan akan menjadi sebagai spirit dan penyemangat untuk menghafal Al Qur’an bagi adik-adik kelasnya.’ Ucap Kamad bangga.

Sementara itu Putri Azkia Nisfiatul Laili bercerita awal perjalanan memulai hafalan Al Quran saat berusia 10 tahun. “Waktu itu saya masih duduk di kelas 4 sekolah dasar, dan setiap harinya saya setoran hafalan dan disimak oleh ustadzah saya di sebuah tempat ngaji di dekat rumah, kemudian saat saya naik kelas 7 SMP barulah saya mondok di Pesantren Tahfidz Khairunnas Malang dan disitu juga saya mengkhatamkan hafalan Al Quran  selama kurang lebih 6 bulan.” Ucap Azkia.

Saat melanjutkan studi 3 tahun di MAN 2 Kota Malang dan tinggal di Ma’had Al Qalam, Azkia masih terus memurojaah hafalan yang disimak asatidz. “ Saat studi dan mukim di Mahad Al Qalam saya terus menjaga hafalan dengan pendampingan asatidz, dan alhamdulillah pada 19 Mei 2024 kemarin, saya melaksanakan tasmi’ 30 juz bilghoib untuk kedua kalinya.” Ucapnya

Dalam kesan yang didapat Azkia selama tinggal di Mahad dan studi di MAN 2 Kota Malang bersyukur dapat menuntut ilmu sekagus mengembangkan diri dalam menghafal Al Qur’an. “Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali dan sangat bangga karena MAN 2 Kota Malang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk siswa siswi nya. Saya merasa selalu diberi kesempatan untuk berprestasi, Madrasah juga selalu memfasilitasi apapun yang diperlukan siswa siswi nya untuk berprestasi, terutama juga Mahad Al Qalam yang turut serta dalam memberikan ilmu ilmu agama dan membimbing akhlak para santri santrinya.” Lanjutnya yang menjadi bagian kelas XII Makbi.

Dalam pesanya, mengharapkan MAN 2 Kota Malang bisa memberikan kebaikan dan keteladanan bagi Lembaga Islam lainya.”Saya berpesan kepada MAN 2 Kota Malang dan Mahad Al Qalam dapat menjadi Lembaga Islam yang terus menebarkan banyak prestasi kedepannya, bisa menjadi teladan bagi lembaga lainnya serta dapat melahirkan generasi generasi emas yang bermanfaat bagi bangsa negara dan agama.” Pungkas Azkia yang saat ini berusia 18 tahun. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait