Kota Malang (Humas) – Pada hari Rabu (03/07/2024) siang ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang mendapat Kunjungan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin. Kunjungan BDK yang terdiri dari Dr. H. Khaeroni, S. Sos, M, Si selaku Kepala BDK, Mukhiar, M. Pd selaku Kasubbag TU d Ketua Panitia Pelatihan Kepemimpinan Pengawas serta para dosen dan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan III di Wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin tersebut dalam rangka Lokus Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP).

Kunjungan PKP tersebut diterima langsung di Auditorium Gedung Sains Terpadu Lantai IV oleh Kasi Pendma Kemenag Kota Malang H. Abdul Mughni, S.Ag. M.Pd. didampingi Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M, Pd, Waka Humas Miftachul Ula, BISS, M. Ag, Kepala TU Moch. Arief, S.Ag, serta Tim Humas Madrasah mulai pukul 12.30 – 14.30 WIB, dengan jumlah peserta pelatihan kepemimpinan pengawas (PKP) Sebanyak 30 orang dan pendamping Panitia Widyaiswara  9 orang.
Maksud dan tujuan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan III di Wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin tersebut dalam rangka Lokus Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) melihat dari dekat profil MAN 2 Kota Malang.

Dalam sambutanya, H. Khaeroni selaku Kepala BDK yang mewakili rombongan Lokus Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) menyampaikan bahwa kunjungan dalam rangka silaturahmi dan melihat dari dekat MAN 2 Kota Malang yang telah terbukti prestasinya di Indonesia dan Dunia. ” Harapan kunjungan Lokus Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) ini, kami bisa mengetahui proses lembaga yang berprestasi akademik dan non akademik serta prestasi luar biasa ini untuk dibawa oleh-oleh sebagai Inspirasi dan keteladanan bagi Madrasah di Banjarmasin.” ucap Kepala BDK.
Sementara itu dalam sambutan selamat datang dari H. Abd. Mughni Kasi Pendma Kemenag Kota Malang menyampaikan selamat datang di salah satu Madrasah, yakni di MAN 2 Kota Malang sebagai etalase madrasah di Indonesia akan prestasi mendunia.

“Alhamdulillah dengan adanya tagline Madrasah Maju Bermutu Mendunia dari Direktur KSKK H. Sidik pada seluruh Madrasah di Indonesia tahun ini, tentunya melengkapi tagline sebelumnya mulai dari “Lebih Baik Madrasah Madrasah Lebih Baik”, “Madrasah Hebat Bermartabat”, hingga “Madrasah Mandiri Berprestasi” sehingga MAN 2 Kota Malang telah berhasil dengan apa-apa yang telah diprogramkan dengan pencapaian prestasinya, semoga menjadi inspirasi.” ucap H. Mughni sambil menitipkan salam dari Gus Shampton Kakankemenag.
Dalam paparannya, Kepala Madrasah H. Samsudin menyampaikan tentang selayang pandang, program unggulan dan pembelajaran hingga prestasi MAN 2 Kota Malang secara umum sampai dengan terbaru tahun 2024 yang sudah disimpan jejak digital madrasah di media resmi madrasah.

“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang sebagai salah satu dsar-dasar pelayanan Madrasah unggulan dan sekaligus sebagai salah satu madrasah pilot proyek nasional, diantaranya sebagai Madrasah Terpadu, Madrasah Model, Madrasah Akademik dan Madrasah unggulan dibidang riset, saat ini dengan segala prestasi nasional dan internasional nya mampu meluluskan alumninya di berbagai perguruan tinggi favorit dalam negeri dan PT luar negeri yang senantiasa berusaha mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat melalui serangkaian kegiatan dan program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas dan daya saing lulusan dengan dukungan sumber daya manusia 90 guru, tendik 63 orang dan asatidz 34  (GTK) yang proporsional.” jelas Kamad.

Menurut Kamad, bahwa madrasah selama ini telah meraih prestasi seperti OSN yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek dan KSM, Myres, Robotik dan lainya yang diadakan oleh Kemenag selama ini tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh Madrasah. ” Proses prestasi di mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius, sehingga prestasi dapat kita raih hingga saat ini yang dapat membanggakan Madrasah dan Kementerian Agama.” Ucap Kamad.

Kamad mengatakan beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan oleh Tim Akademik dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.

” Dalam pelaksanaan proses prestasi selama ini tidak lepas dari wasilah program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA, EDU PANDA, PIKAT PUSPITA bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai pintu masuknya untuk studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” Jelas Kamad.

Kamad juga menyampaikan bahwa awal kunci prestasi yang sudah diraih peserta didik. ” Prestasi kami melalui sosialisasi jalur prestasi dan undangan di PPDB dan selanjutnya ditampung Program Unggulan INSAN PRO melalui pendampingan peserta didik melalui program Kelas Olimpiade, Internalisasi Ke Islaman dan Sains, Pemberdayaan Alumni dan Champions Patnership yang berkolaborasi dengan Kemahadan untuk karakter yang Beraklaqul karimah.” ujar Kamad.
Selanjutnya, Kamad menyampaikan dalam menghadapi kompetisi dan perlombaan perlu ada strategi yang disiapkan dengan baik melalui karantina dengan pendampingan guru dan pelatih dari alumni yang berprestasi.

“Dalam meraih prestasi Olimpiade dan riset selama ini seperti tahun 2023, data Puspresnas Kemendikbud RI, madrasah kita di nonabatkan peringkat 1 Top prestasi Internasional, tidak lepas dari suport penuh seluruh keluarga besar Madrasah dan tentunya juga Komite Madrasah, dan pendampingan dari para alumni yang berprestasi melalui karantina.” Kata Kamad.

Ia juga menyampaikan pembinaan yang rutin dan tersistem dengan baik akan menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap event dan  memberikan apresiasi. “Alhamdulillah pendampingan dan pembinaan mata pelajaran dan spiritual yang rutin dan tersistem selama ini dilakukan dengan baik, untuk menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap perlombaan dan menambah kesuksesan dalam karirnya, dan bagi yang berprestasi, Madrasah berkewajiban memberikan apresiasi berupa reward mulai flyer dan pemberitaan dan lainya. ” Pungkas Kamad. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait