Kota Malang (M2KM) — Pada hari Sabtu (27/07/24) siang, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menerima kunjungan silaturahmi Ketua KKMAN Jateng H. Ali Masyhar, M.Si. dengan membawa Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Negeri (KKMAN) Se Provinsi Jawa Tengah Wilayah III (Eks Kedu) berjumlah 26 orang. Kunjungan tersebut diterima langsung Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M. Pd, didampingi Wakahumas Miftachul Ula, M. Ag, Waka Kurikulum Anita Yusianti, M.Pd., Ali Mukti, M.Pd dan H. Ahmad Taufiq, WAS Lc, MA di Auditorium Gedung Saint Terpadu lantai IV MAN 2 Kota Malang. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut untuk menimba ilmu berkaitan dengan tata kelola Kema’hadan sekaligus melihat dari dekat Program Unggulan Madrasah dan Inovasi Madrasah.

Dalam sambutannya, Ketua KKMAN Jateng H. Ali Masyhar, M.Si. menyampaikan kehadiran ke MAN 2 Kota Malang melihat dari dekat Ma’had dan sekaligus proses meraih prestasi yang diraih oleh MAN 2 Kota Malang sebagai salah satu madrasah unggul di Indonesia. MAN 2 Kota Malang dengan segala prestasi yang diraihnya selama ini cukup luar biasa.

“Alhamdulillah, kami bisa berkesempatan hadir di Madrasah yang banyak prestasi dengan pendukung sarana – prasarana yang baik sekaligus didukung Ma’hadnya, semoga kedatangan kami bisa berikhtiar untuk mencari Ilmu baru tentang Manajemen Ma’had, dan sekaligus melihat dari dekat proses prestasi yang telah raih selama ini, sehingga aroma prestasi bukan hanya didengar provinsi Jawa Tengah saja, tetapi seluruh Indonesia, dan harapan kunjungan kami ini, sebagai pengalaman dari MAN 2 Kota Malang dapat menjadikan madrasah kami di Jawa Tengah bisa menirunya.” ucap Abah Ali panggilan akrabnya, dengan memperkenalkan masing-masing Kepala Madrasah yang hadir dari Kamad MAN Temanggung, MAN Kota Magelang MAN 1 Magelang, MAN 2 Magelang, MAN Purworejo, MAN 1 Kebumen MAN 2 Kenumen, MAN 3 Kebumen MAN 4 Kebumen, MAN 1 Wonosobo dan MAN 2 Wonosobo.

Pada sambutan selamat datang dari Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd sekaligus paparanya, tentang profil MAN 2 Kota Malang secara umum menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Malang sebagai Madrasah SKS, Akademik, dan Riset dari Pemerintah, sebagai motivasi dalam meraih prestasi yang selama ini, dengan melalui proses yang panjang dan hal ini diperlukan kerjasama dan kerjakeras semua pihak.

“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang uang dinobatkan sebagai Madrasah SKS, Madrasah Akademik, dan Madrasah Riset selama ini di raih madrasah tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh Madrasah mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius.” Ucap Kamad.

Menurut Kamad beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.

”Dalam pelaksanaan proses mendukung semua program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA, PIKAT PUSPITA bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” Jelas Kamad.

Acara selanjutnya paparan dari Ketua Ma’had Al Qalam H. Ahmad Taufiq menyampaikan profil Ma’had Al Qalam sekaligus mengatakan program kerja dan sinergitas Ma’had dan Madrasah selama ini dalam mendukung Visi Misi Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Visi kami adalah mewujudkan Ma’had Al Qalam sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan generasi alim, abid dan hanif yang sekaligus menjadi slogan Ma’had.

”Dalam manajemen Ma’had dan program kerjanya kami berdasarkan mengacu visi pertama ‘Alim dimaknai dengan memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi terutama di bidang ilmu agama.” Ucap Ketua Ma’had H. Taufiq.

Menurut nya, Kompetensi keilmuan juga syarat mutlak untuk mengemban amanah Allah sebagai khalifatullah di muka bumi ini kemudian yang kedua adalah ‘ Abid. “Dengan ‘Abid merupakan implementasi dari ‘alim, artinya ketika seorang santri telah memiliki kompetensi keilmuan yang memadai, maka ia bertanggung jawab untuk mengamalkannya, ” Katanya.

Disamping itu, menurut Ketua Ma’had, bahwa tujuan utama Allah SWT menciptakan manusia adalah untuk beribadah kepadaNya.
” Kemudian dasar ketiga adalah Hanif yang identik dengan karakter yang lurus atau aqidah dan akhlak yang shalih. Setelah santri dibekali dengan ilmu agama yang memadai dan dibimbing untuk mempraktikkan ilmunya, selanjutnya ia dituntut untuk melakukannya secara istiqomah, semoga dari sifat istiqomah tersebut akan lahir sifat hanif.” Ujar H. Taufiq yang pernah studi lanjut di Al Azhar Cairo Mesir ini.

Kemudian dalam keseharianya manajemen Ma’had wajib untuk bersinergitas dengan induknya yakni madrasah. “Dalam kesehariannya kami selalu melaporkan dan minta petunjuk kepala Kepala Madrasah, mulai dari layanan Santri, dalam perekrutan pengasuh hingga pembinaan keilmuan yang tidak dapat di Madrasah.” Pungkasnya.

Kemudian, paparan selanjutnya disampaikan Waka Kurikulum dan Waka Kesiswaan dengan program unggulanya, dan ditutup tanya jawab interaktif yang dipandu Waka humas seputar Kemahadan dan Kurikulum, prestasi Madrasah dengan suasana yang cukup hangat.
” Usai mendengarkan penyampaian paparan program unggulan dari Kema’hadan, Kurikulum dan Kesiswaan secara interaktif, sampai acara berakhir, dan dilanjutkan dengan observasi lapangan diikuti seluruh rombongan dengan dipandu Ketua Ma’had didampingi tim humas untuk melihat dari dekat yang ada Sarana Prasarana Ma’had Al Qalam.” Ujar Wakahum. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait