Kota Malang (Humas) — Suara Demokrasi merupakan salah satu agenda dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin (P5RA). Hal ini merupakan implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Kota Malang bagi peserta didik kelas X, dimulai pada hari Senin sampai dengan Sabtu (12-17 Agustus 2024) di Aula Madrasah.

Hadir dalam kegiatan pembukaan P5RA Suara Demokrasi Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd. didampingi Wakil Kepala bidang Akademik Anita Yusianti, M.Pd. dan Para Waka lainya dan Tim P5RA serta seluruh Tim Fasilitator kelas X, dan diikuti seluruh peserta didik kelas X.

Sebagai pembicara pada Suara Demokrasi diantaranya Adhi Panjie Gumilang, S.Pd dengan materi “Menggali Arti Demokrasi, Peran Individu (Hak dan Kewajiban) Dalam Demokrasi”, kemudian Muchlis, M.Pd.I “Moderasi Beragama” dan Dr. Samsudin, M.Pd “Pemimpin Teladan” dari dalam madrasah, dan pemateri dari luar madrasah adalah dari KPU dan Bawaslu Kota Malang.

Kepala Madrasah H. Samsudin dalam pembukaan Pelaksanaan P5RA Suara Demokrasi mengawali dengan upacara pembukaan dengan memukul gong sebagai tanda dimulainya kegiatan Suara Demokrasi, dengan menyampaikan bahwa peserta didik harus bisa memahami dan melaksanakan nilai-nilai dari Pancasila dan nilai Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

” Alhamdulillah acara Suara Demokrasi yang merupakan pendukung Kurikulum Merdeka di madrasah mengemban dua amanat besar, yaitu membekali peserta didik terkait dengan kompetensi, sikap dan keterampilan hidup agar bisa menghadapi tantangan saat ini, dan juga mewariskan karakter budaya serta nilai-nilai luhur kepada generasi penerus bangsa agar peran peserta didik kelak tidak terlepas dari akar budaya, nilai agama dan nilai luhur bangsa. Untuk menjalankan dua amanat besar tersebut, maka peserta didik harus bisa memahami nilai-nilai dari Pancasila dan menjadi generasi Islam yang Rahmatan Lil Alamin yang sesungguhnya.”ucap Kamad dihadapan peserta didik kelas X.

Hal yang sama disampaikan Waka Akademik Anita Yusianti menjelaskan bahwa kegiatan Suara Demokrasi dalam rangka penguatan karakter untuk peserta didik kelas X.
“Acara Suara demokrasi dalam ini adalah kegiatan implementasi P5RA dimaksudkan untuk mengajarkan peserta didik kelas X agar mampu merefleksikan makna dan memahami implementasi demokrasi dalam lingkup organisasi di madrasah, dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilihan OSIS. Hal ini juga untuk mengedukasi kondisi sebenarnya di lingkungan masyarakat Indonesia.” jelas Mrs. Anita panggilan akrabnya, sebagai guru mapel Bahasa Inggris. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait