SHARING MANAJEMEN MA’HAD, ASRAMA DARUL ILMI MTSN 2 TUBAN KUNJUNGI MA’HAD AL QALAM MAN 2 KOTA MALANG

Kota Malang (Humas) — Pada hari Jum’at, 11 Oktober 2024, Kepala MTs Negeri 2 Tuban Drs. H. Qomaruddin, MA., bersama rombongan yang terdiri dari para Wakil Kepala, Kaur TU, Pengurus Komite dan Ketua Ma’had (Asrama) Darul Ilmi MTs Negeri 2 Tuban berkunjung ke Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Rombongan tamu yang berjumlah 15 orang diterima langsung Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd., didampingi Wakahumas Miftachul Ula, BISS, M. Ag dan Ketua Ma’had H. Ach. Taufiq WAS, Lc, MA., serta Tim Humas. Maksud dan tujuan kunjungan untuk melihat dari dekat profil, proses prestasi dan Manajemen Pengelolaan Mahad Al-Qolam.

Dalam sambutan maksud dan tujuan kunjungan, Kepala Madrasah yang sekaligus mewakili Rombongan MTsN 2 Tuban mengatakan kunjungan dalam rangka melihat dari dekat kegiatan dan manajemen Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang.

”Kunjungan kami ingin belajar manajemen di Ma’had dan Madrasah, dan harapanya nanti ada kerjasama kedepanya, selain itu bisa melihat dari dekat, mengetahui strategi meraih prestasi, penerimaan peserta didik baru, dan juga strategi menangani Santri di Ma’had ” Ucap beliau

Beliau juga sampaikan bahwa Ma’had Darul Ilmi dalam perjalanannya, tidak sedikit hambatan dan tantangan yang harus dilewati hingga akhirnya mencapai titik perkembangan hingga saat ini. “Alhamdulillah Ma’had Darul Ilmi MTs Negeri 2 Tuban berkembang pesat jumlah santrinya terus bertambah hingga sekarang, namun kami perlu belajar di Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang.” ujarnya.

Dalam sambutan selamat datangnya, Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd.memaparkan profil MAN 2 Kota Malang secara umum dengan segala prestasi yang telah diraih sehingga MAN 2 Kota Malang sampai dinobatkan sebagai Madrasah SKS, Akademik, dan Riset dari Kementerian Agama. Hal inilah yang menjadi motivasi dalam meraih prestasi dengan kerjasama dan kerjakeras semua pihak, termasuk Ma’had Al Qalam.

“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang saat ini dinobatkan sebagai Madrasah SKS, Madrasah Akademik, dan Madrasah Riset selama ini di raih madrasah tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh madrasah mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius, sehingga prestasi Juara Umum OSN, KSM dan Myres tahun 2024 dapat kami raih.” Ucap Kamad.

Menurut Kamad beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.

” Dalam proses mendukung semua program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah serta Ma’had Al Qalam, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” pungkas Kamad.

Ketua Ma’had HA. Taufiq WAS. Beliau mengatakan program kerja dan sinergitas Ma’had dan Madrasah selama ini dalam mendukung Visi Misi Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Visi kami adalah mewujudkan Ma’had Al Qalam sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan generasi alim, abid dan hanif yang sekaligus menjadi slogan Ma’had. ”Dalam manajemen Ma’had dan program kerjanya kami berdasarkan mengacu visi pertama ‘Alim dimaknai dengan memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi terutama di bidang ilmu agama.” Ucap Ketua Ma’had H. Taufiq.

Menurut nya, Kompetensi keilmuan juga syarat mutlak untuk mengemban amanah Allah sebagai khalifatullah di muka bumi ini kemudian yang kedua adalah ‘ Abid. ”Dengan ‘Abid merupakan implementasi dari ‘alim, artinya ketika seorang santri telah memiliki kompetensi keilmuan yang memadai, maka ia bertanggung jawab untuk mengamalkannya, ” Katanya.

Disamping itu, menurut Ketua Ma’had bahwa tujuan utama Allah SWT menciptakan manusia adalah untuk beribadah kepadaNya. ”Kemudian dasar ketiga adalah Hanif yang identik dengan karakter yang lurus atau aqidah dan akhlak yang shalih. Setelah santri dibekali dengan ilmu agama yang memadai dan dibimbing untuk mempraktikkan ilmunya, selanjutnya ia dituntut untuk melakukannya secara istiqomah, semoga dari sifat istiqomah tersebut akan lahir sifat hanif.” Ujar H. Taufiq yang pernah studi lanjut di Al Azhar Cairo Mesir ini.

Kemudian dalam keseharianya manajemen Ma’had wajib untuk bersinergitas dengan induknya yakni madrasah. ”Dalam kesehariannya kami selalu melaporkan dan minta petunjuk kepala Kepala Madrasah, mulai dari layanan Santri, dalam perekrutan pengasuh hingga pembinaan keilmuan yang tidak dapat di Madrasah.” Pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab interaktif yang dipimpin Waka humas dan Ketua Ma’had Al Qalam seputar Kemahadan dan Madrasah dengan suasana penuh dengan kekeluargaan. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait