Penguatan Zona Integritas di Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, MAN 2 Kota Malang Berkomitmen Tingkatkan Standar Pelayanan Publik
Surabaya – Dalam upaya memperkuat standar pelayanan publik, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Penguatan Zona Integritas (ZI) pada Senin hingga Rabu, 4-6 November 2024, bertempat di Platinum Hotel Tunjungan, Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari madrasah di Jawa Timur, termasuk MAN 2 Kota Malang, yang diwakili oleh Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M.Pd., Kepala Tata Usaha Moch. Arif, S.Ag., dan Ketua ZI Ady Siswanto, S.Pd., beserta tim Zona Integritas lainnya.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan standar pelayanan publik melalui penerapan Zona Integritas, khususnya dalam upaya pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, yang menekankan pentingnya Zona Integritas sebagai fondasi untuk membangun tata kelola yang transparan dan akuntabel di lingkungan Kementerian Agama.
Dalam agenda peserta mendapat materi mengenai “Standar dan Penilaian Pelayanan Publik” yang disampaikan oleh perwakilan Ombudsman Jawa Timur. Materi ini membahas kriteria dan standar pelayanan yang harus dipenuhi oleh instansi pemerintah untuk mencapai kepuasan masyarakat. Peserta diharapkan dapat memahami aspek penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik yang sesuai dengan standar Ombudsman.
Pada kegiatan lainya paparan Materi dan dilanjutkan dengan diskusi panel bertema “Membangun Komitmen Zona Integritas, Sulit atau Mudah?” yang dibawakan oleh Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Tabanan, Bali. Diskusi ini mengajak para peserta untuk menggali lebih dalam tantangan dan strategi dalam membangun budaya integritas di lingkungan masing-masing. Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Tabanan juga memberikan wawasan tentang pengalaman praktis dalam menerapkan Zona Integritas di lembaganya, serta tips dalam menghadapi kendala yang sering dihadapi di lapangan.
Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. H. Samsudin, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menguatkan komitmen madrasah dalam menghadirkan pelayanan yang bersih, transparan, dan akuntabel. “Kehadiran kami di sini bersama tim ZI MAN 2 Kota Malang adalah untuk belajar, berbagi pengalaman, dan memperkuat komitmen. Kami berharap, implementasi Zona Integritas ini dapat lebih mengakar dan menjadi budaya di lingkungan madrasah,” ujarnya.
Kamad menambahkan bahwa pembahasan selama kegiatan ini memberi panduan praktis untuk meningkatkan pelayanan administrasi madrasah yang berdampak langsung kepada layanan peserta didik, guru, dan masyarakat.
Melalui partisipasi dalam kegiatan ini, MAN 2 Kota Malang bertekad untuk terus membangun lingkungan yang penuh integritas, dengan memberikan pelayanan terbaik dan menerapkan tata kelola yang baik. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan dan penguatan Zona Integritas di MAN 2 Kota Malang serta instansi terkait lainnya. (Tim Humas)
oo
MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA