Kota Malang (Humas) – Pagi hari ini, Senin (8/7/24) MAN 2 Kota Malang mengadakan pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dan Orientasi Penerimaan Anggota Baru Pramuka (OPENABA) peserta didik baru kelas X tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan pembukaan dihadiri Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin didampingi Wakil Kepala dan seluruh Panitia, serta diikuti 540 Peserta Matsama dan Openaba.Tema Matsama dan Openaba Tahun 2024 adalah “Merajut Ukhuwah, Membentuk Pribadi Berintegritas, Menggapai Prestasi”.

“Kegiatan ini wajib diikuti oleh peserta Didik Baru yang diterima pada Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru pada bulan lalu, dan Kegiatan Matsama akan diadakan di lingkungan Madrasah selama tiga (3) hari mulai hari Senin sampai dengan hari rabu, tanggal 08 – 10 Juli 2024 dan Dua (2) hari pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 11 – 12 Juli 2024 untuk pelaksanaan kegiatan Orientasi Penerimaan Anggota Baru Pramuka (OPENABA) diadakan di Lembah Dieng Malang.” ucap Waka Kesiswaan Ali Mukti, M.Pd. selaku Penanggung Jawab Matsama dan Openaba.

Sementara itu Kepala Madrasah H. Samsudin menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kegiatan Matsama bertujuan mengenalkan lingkungan dan budaya MAN 2 Kota Malang kepada para peserta didik Baru. “Kegiatan ini dilaksanakan agar selama proses pembelajaran peserta didik yang berjumlah 540 siswa dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya dalam pembelajaran dan meraih prestasi seperti yang kakak kalian.” ujar Kamad.

Harapan Kamad melalui kegiatan MATSAMA dan OPENABA para peserta didik baru bisa mengetahui sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.
“ Kegiatan MATSAMA dan OPENABA MAN 2 Kota Malang yang akan anak-anak jalani selama sepekan ini, mari ikuti dengan sepenuh hati untuk bisa mengenal lingkungan madrasah akan nilai-nilai dalam Visi dan Misinya. Maka dalam meningkatkan karakter anak-anak dan menumbuhkan peningkatan keagamaan serta menciptakan semangat belajar bersama dan menanamkan ruh Madrasah untuk memperkuat nilai-nilai karakter dalam menunjang selama belajar di Madrasah,” Kata Kamad.

Kamad juga minta kepada peserta didik baru selama waktu mengikuti pelaksanaan MATSAMA dan OPENABA untuk menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam merajut ukhuwah dalam membentuk pribadi berintegritas dan akhlaqul karimah dalam menggapai prestasi.

“Materi yang akan disampaikan kepada para peserta didik baru dalam kegiatan MATSAMA dan OPENABA berkaitan dengan Kemadrasahan (pengenalan lingkungan MAN 2 Kota Malang), Kegiatan rutin (belajar mengajar) Madrasah, Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran, Sosialisasi Tata Tertib, Nilai dan norma yang berlaku, dan macam-macam kegiatan pengembangan diri serta materi karakter lainya kita harapkan dapat menciptakan kebersamaan dalam merajut ukhuwah, membentuk pribadi berintegritas dan akhlaqul karimah dalam menggapai prestasi. ” Pungkas Kamad.

Acara inti, pembukaan Matsama dan Openaba tahun 2024 dibuka langsung Kepala Madrasah dengan membaca Alfatihah bersama. ” Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim dilanjutkan dengan Alfatihah kegiatan Matsama dan Openaba Peserta Didik Baru MAN 2 Kota Malang siap dimulai.” Ucap Kamad, dilapangan olahraga sambil melepaskan burung merpati diiringi kembang api yang diarahkan OSIS ke langit Madrasah. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait