Kota Malang (Humas) — Dihadiri Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. H.M. Sidik Sisidiyanto, M.Pd. MAN 2 Kota Malang melepas purna siswa sebanyak 407 wisudawan sebagai lulusan angkatan ke 32 tahun pelajaran 2023-2024. Kegiatan yang dikemas dalam Wisuda dan Gelar Siswa Prestasi tahun ini, dilaksanakan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Kamis (13/6) kemarin.

Pada wisuda angkatan ke 32 ini sebanyak 407 peserta didik kelas XII dari program MIPA sebanyak 280 siswa, program IPS 71 siswa, program Bahasa 24 siswa dan program Agama 32 siswa. Acara ini juga dihadiri selain Direktur KSKK Kemenag RI, juga pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Malang, mulai dari Kasubag TU, Kasi Pendma, Ketua Pokjawas, Pengurus Komite Madrasah, Kepala Madrasah Negeri Se Kota Malang dan para mantan Kepala MAN 2 Kota Malang serta orang tua wisudawan.

“Acara kali ini diwarnai sejumlah ribuan penghargaan oleh peserta didik yang telah berprestasi baik tingkat Lokal, Nasional dan Internasional,” ucap Waka Kesiswaan MAN 2 Kota Malang, Ali Mukti.

Penghargaan dalam sejumlah prestasi itu tidak hanya akademik melainkan juga non akademik. Setidaknya, lanjutnya, dalam Tahun Ajaran 2023-2024 tercatat ada 781 prestasi. Sebanyak 397 prestasi akademik dan 384 prestasi non akademik.

“Ini sebuah kebanggaan luar biasa, siswa angkatan yang lulus tahun ini penyumbang prestasi terbanyak di Indonesia dan tercatat dalam Pusat Prestasi Nasional di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek Dikti,” ungkapnya.

Di antara prestasi hebat yang diukir lulusan tahun ini adalah menjadi Duta Indonesia dalam ajang kompetisi Internasional. Mereka bersaing dengan pelajar yang juga menjadi delegasi negaranya masing-masing.

Duta Indonesia dari MAN 2 Kota Malang, antara lain Ayman Al Gifary menjadi delegasi Indonesia di ajang International Chemistry Olympiad (IChO) di Riyadh Arab Saudi, Muhamad Zaidan Naja di ajang Asia Physics Olympiad di Kampar Malaysia, Adika Rasendriya Arya Putra di ajang International Physics Olympiad (IPhO) di Isfahan Iran dan Ammaara Shifa Andini di ajang International Earth Science Olympiad (IESO) di Kota Beijing China.

Selain itu, siswa MAN 2 Kota Malang, juga menjadi Duta Indonesia dalam program Pertukaran Pelajar ke Amerika. Dia adalah Faizal Cahya, menjadi delegasi Indonesia dalam program student exchange di Negara bagian Wyoming Kota La Barge, Amerika.

Prestasi membanggakan MAN 2 Kota Malang merupakan hasil kolaborasi yang bagus antara guru, siswa dan orang tua. Sehingga membuahkan hasil terbaik. Apalagi ditambah dukungan orang tua yang selalu mensupport program-program madrasah.

Pihaknya berharap, dengan prestasi yang gemilang ini ia tidak lupa mengingatkan para lulusan. Bahwa akhlakul karimah lebih utama. Ciri khas siswa madrasah hendaknya tetap dipertahankan.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M.Pd dalam sambutannya bersyukur atas capaian prestasi luar biasa. “Alhamdulillah anak-anak kita sukses menjadi delegasi di ajang olimpiade dan riset tingkat nasional sampai tingkat internasional.” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ribuan prestasi kali ini, ada beberapa siswa dapat melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi favorit di dalam negeri, mulai dari Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan lainnya hingga perguruan tinggi di luar negeri. “Anak-anak yang berprestasi sudah diterima tersebar di berbagai perguruan tinggi kelas dunia yang ada di berbagai benua. Di antara mereka, ada yang kuliah di Australia , Belanda, Amerika, Kanada dan Singapura,” tuturnya.

Kamad juga mengungkapkan rasa syukurnya. Anak didiknya tidak berhenti mengukir prestasi di level dunia. Dan angkatan siswa yang lulusan tahun ini, termasuk yang produktif mengukir prestasi.“Alhamdulillah tahun ini anak-anak lulus dengan prestasi yang gemilang. Program pengembangan diri dan prestasi madrasah banyak disumbangkan. Membuat guru dan orang tua bangga pada mereka,” pungkasnya.

Selanjutnya sambutan yang cukup memotivasi dan menggetarkan seluruh jiwa wisudawan dan para orangtuanya saat Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. H.M. Sidik Sisidiyanto, M.Pd.. “Bapak harapkan anak-anakku semua bisa menjadi kebanggaan madrasah dan orangtua kalian, liat kebelakang betapa orangtua anda melihat bangga diri kalian, untuk itu jaga prestasi ini, jaga akhlak kalian di manapun berada dan juga jaga ibadah kalian untuk masa depan yang lebih cerah, dan untuk MAN 2 Kota Malang Kemenag RI bangga dan berterima kasih atas prestasi yang luar biasa, tentunya hal ini di lakukan dengan semangat luar biasa pula, semoga sukses selalu.” ucap Direktur Madrasah. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait