SHARING KOMITE DAN PROGRAM MADRASAH, MAN 2 KUDUS KUNJUNGI MAN 2 KOTA MALANG

Kota Malang (Humas) — Pada hari Rabu (5/9/24) pagi ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menerima kunjungan silaturahmi dari rombongan MAN 2 Kudus Provinsi Jawa Tengah berjumlah 10 orang, terdiri dari ketua komite Monaji dan Kepala TU Evy Sofiana beserta wakil kepala madrasah dan pengurus Komite Madrasah. Kunjungan diterima langsung Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M. Pd, didampingi Wakahumas Miftachul Ula, M. Ag, Ketua Ma’had HA. Taufiq WAS, Lc, MA. dan Bendahara Komite dr. H. Nurcholish Qomari serta Tim Humas dan Olimpiade di Ruang Kepala MAN 2 Kota Malang. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut untuk sharing berkaitan dengan tata kelola manajemen madrasah bidang pengelolaan mahad, pengelolaan Komite dan pengelolaan olimpiade sekaligus melihat dari dekat Program Unggulan Madrasah dan Inovasi Madrasah.

Dalam sambutannya, Kepala TU Evy Sofiana sekaligus mewakili rombongan menyampaikan kehadiran di MAN 2 Kota Malang untuk melakukan silaturahmi dan sharing berkaitan dengan manajemen ma’had, peran komite dan prestasi olimpiade serta kegiatan lainnya dalam menunjang pengembangan pembelajaran dan prestasi MAN 2 Kota Malang.
“Alhamdulillah, kami bisa berkesempatan hadir di MAN 2 Kota Malang, dan kami dari MAN 2 Kudus berkunjung dengan membawa 10 orang yang terdiri dari Wakil Kepala Madrasah dan juga pengurus komite, ingin mengetahui proses prestasi olimpiade, Kema’hadan, peran pengurus komite dalam mendukung program madrasah dan bidang program unggulan lainya. Dan kami sebagai perwakilan kepala madrasah dan rombongan mengucapkan terimakasih atas sambutan yang sangat baik, di MAN 2 Kudus dan MAN 2 Kota Malang sering saling berkunjung satu sama lain untuk belajar ataupun sharing informasi dan menjadi contoh satu lama lain selama bertahun.” ucap Evy Sofiana.

Pada sambutan selamat datang dari Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd sekaligus paparanya, tentang profil MAN 2 Kota Malang secara umum menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Malang sebagai Madrasah SKS, Akademik, dan Riset dari Pemerintah, sebagai motivasi dalam meraih prestasi yang selama ini, dengan melalui proses yang panjang dan hal ini diperlukan kerjasama dan kerjakeras semua pihak.
“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang dinobatkan sebagai Madrasah SKS, Madrasah Akademik, dan Madrasah Riset selama ini di raih madrasah tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh Madrasah mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius.” Ucap Kamad.

Menurut Kamad beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.
” Dalam pelaksanaan proses mendukung semua program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA, PIKAT PUSPITA bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” Jelas Kamad.

Kemudian Kamad menyampaikan apresiasi kepada peserta didik dengan berbagai cara, agar bisa menjadi kebanggaan untuk dirinya, keluarga dan Kementerian Agama. “Memberikan apresiasi kepada peserta didik MAN 2 Kota selama ini kami tidak berupa uang, akan tetapi berupa media Kehumasan dengan mengirimkan informasi berita di media sosial madrasah, media luar madrasah, fleyer dan poster sebagai rasa syukur dan syiar untuk madrasah, ananda dan Kementerian Agama.” jelas Kamad

Lanjut penyampaian profil Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang disampaikan Ketua Ma’had Al Qalam HA. Taufiq WAS, Lc., MA. mengatakan bahwa program kerja dan sinergitas Ma’had dan Madrasah selama ini dalam mendukung Visi Misi Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Visi kami adalah mewujudkan Ma’had Al Qalam sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan generasi alim, abid dan hanif yang sekaligus menjadi slogan Ma’had.
” Dalam manajemen Ma’had dan program kerjanya Madrasah kami membawai Ma’had Al Qalam yang mengacu visi pertama ‘Alim dimaknai dengan memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi terutama di bidang ilmu agama.” Ucapnya.

Kemudian menurutnya dalam keseharianya manajemen Ma’had wajib untuk bersinergitas dengan induknya yakni madrasah.
” Dalam kesehariannya Ma’had selalu melaporkan dan minta petunjuk kepala Kepala Madrasah, mulai dari layanan Santri, dalam perekrutan pengasuh hingga pembinaan keilmuan yang tidak dapat di Madrasah.” Pungkasnya.

Kemudian, paparan selanjutnya berkaitan dengan Komite MAN 2 Kota Malang disampaikan dr. H. Nurcholis Qomari selaku Bendahara Komite menyampaikan beberapa program kerja yang mendukung program unggulan MAN 2 Kota Malang. “Kami dari pengurus Komite sangat mendukung semua proses pembelajaran dan prestasi serta sarana prasarana guna peningkatan prestasi madrasah, dan tentunya harus sesuai dengan prosedur yang berlaku, mulai dari pembuatan proposal dan pelaporan setelah selesai kegiatan yang sudah dapat dipertanggung jawabkan manajemen madrasah.” ucap Nurkholis yang juga sebagai dokter madrasah.

Dilanjut dengan penyampaian proses pendampingan Olimpiade disampaikan Jahurotun Nafisatun, S.Ag. MA selaku bendahara Tim Olimpiade dan Riset Madrasah, menyampaikan bahwa dukungan finansial penuh dari Pemerintah dan Komite. “Alhamdulillah dengan pendampingan yang sistematis dari para alumni yang pernah menjadi juara serta didukung pendanaan dari pemerintah dengan melalui dana DIPA dan suport penuh pengurus Komite, kami dapat meraih banyak prestasi olimpiade dan riset tingkat nasional maupun internasional.” ucap Bu Titin panggilan akrabnya.

Usai penayangan profil madrasah, acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu secara interaktif oleh Wakahum Miftachul Ula, serta observasi lapangan. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait